Firebase Price and Plan

               Kita telah membahas dalam postingan sebelumnya fitur-fitur yang terdapat di firebase dan berguna untuk membangun aplikasi kita. Pada postingan kali ini saya akan membahas harga dan plan apa yang harus anda ambil. Firebase memiliki harga yang berbeda dan disesuaikan untuk keperluaan anda, seperti teknologi lainnya firebase juga bisa digunakan secara free walaupun memiliki keterbatasan. Anda bisa melihat pada gambar dibawah ini perbandingan harga pada plan yang berbeda.

              Firebase memiliki 3 price yang berbeda yaitu spark/free, flame $25/month, dan blaze yang harganya menyesuaikan keadaan anda, walaupun memiliki 3 plan yang berbeda firebase dalam 3 plan itu memberikan secara gratis fitur-fitur yang berguna bagi anda yaitu Analytics, app indexing, authentication, cloud messaging, crash reporti, dynamic links, invites , notification dan remote. Fitur-fitur lainnnya memiliki hal yang berbeda misalnya pada fitur real time database perbedaan terletak pada simultaneous connections pada spark hanya tersedia 100 sedangkan pada flame dan blaze tak terbatas dengan catatatan google memberikan 10.000 limit tapi ini bisa ditingkatkan dengan menghubungi pihak firebase.
               Beberapa dari anda pasti bingung maksudnya apa sih simuletanous connections. simuletanous connections adalah batasan aplikasi anda memiliki koneksi dengan firebase, hal ini dilakukan firebase agar melindungi firebase dan anda dari penyalahgunaan orang. Untuk masalah ini saya akan memberikan contoh bagaiman maksudnya simuletanous connections. Misalkan aplikasi anda menggunakan firebase dan dibukan oleh 3 orang secara bersamaan maka itu akan dihitung sebagai 3 concurent atau koneksi yang bersama. misal kasusnya aplikasi anda dibuka oleh 3 orang itu pada waktu yang berbeda misal 12.01 12.03 12.05 maka anda hanya diitung sebagai 1 concurent dengan catatan mereka menggunakannya tidak lebih dari 5 detik. Pada faktanya 99,5 % tidak pernah melebihi 100 concurent connection. Jika anda masih bingung anda bisa membaca postingan ini untuk lebih memahaminya. Pada dasarnya anda tidak perlu terlalu mencemaskan hal ini.
               Price dan plan ini bisa anda pilih menyesuaikan kebutuhaan anda. misal anda hanya ingin membuat projek free atau startup anda memiliki user yang belum begitu banyak mungkin anda bisa menggunakan free terlebih dahulu untuk menghemat dana anda. Jika anda sudah memiliki bisnis yang tinggi gunakanlah plan flame atau blaze karena plan ini lebih membantu kebutuhaan anda.
            Jika anda masih bingung memilih plan mana yang cocok ke bisnis anda. anda bisa mendiskusikan dengan pihak google plan apa yang cocok untuk anda karena google akan memberikan rekomendasi sesuai dengan yang anda inginkan.

Postingan selanjutnya kita akan membahas cara penggunaan firebase pada aplikasi android.


Share on Google Plus

About Malian Zikri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar