Firebase New Technology From Google


         Pernah gak sih kalian denger firebase ? mungkin akhir-akhir ini kalian para developer sering denger nama firebase ini karena emang ni firebase lagi ngehitz banget dikalangan developer luar. Mungkin dari kalian beberapa developer bingung apa sih firebase ini dunia apa lagi yang harus dipelajari.
         Disini saya akan bahas apa sih firebase terus fitur-fitur apa aja sih yang ada difirebase , terus kenapa sih harus make firebase, terus ini firebase cara makenya gimana apa bayar atau gratisan. 

         Menurut wikipedia Firebase adalah platform mobile dan aplikasi web dengan sarana dan prasarana yang dirancang untuk membantu pengembang membangun aplikasi berkualitas tinggi.
Menurut websitenya sendiri sih firebase bertujuan untuk membantu kalian untuk membanguna aplikasi dengan kualitas yang tinggi, meningkatkan pengguna aplikasi, dan menghasilkan uang. Firebase juga memiliki fitur-fitur yang bekerja secara sendiri-sendiri dan jika digabungan maka akan membangun aplikasi yang berguna. Firebase sendiri dibangun pada 2011 oleh andrew lee dan jame tamplin, selanjutnya pada tahun 2014 firebase diakusisi oleh google, pada tahun mei 2016 firebase mengalami peningkatan dengan memiliki beberapa fitur-fitur baru.

           Beberapa kalangan developer kita sering menggap firebase sebagai sebuah database, padahal firebase sendiri tidak hanya mempunyai fitur database saja tetapi memiliki fungsi dan fitur-fitur lainnya seperti analytics, cloud messaging, authentication, realtime database, storage, hosting, test lab, crash reporting, notifications, remote config, app indexing, dynamic links, invites, adwords, dan adbmob.

            Banyak kan fitur-fitur yang dimiliki firebase nah sebagai developer sering mengenal hanya realtime database karena firebase emang saat awal tidak memiliki fitur sebanyak itu, firebase pada awal hanya memiliki fitur yang sedikit dan yang banyak dikenal oleh orang-orang adalah fitur database karena database firebase memiliki kemampuan yang berbeda dari database management yang lainya. Beberapa fitur firebase tersedia hanya di ios,android, dan web suported.
Kita bahas satu-persatu y fitur yang ada di firebase ini.

Analytics

         Analytics difirebase ini sering disebut sebagai jantung firebase. Firebase Analytics sendiri memiliki banyak kemampuan analytics yang tak terbatas, beberapa kekampuan yang sudah dideskripsikan di website firebase. 
  • Reporting yang tak terbatas dengan 500 jenis acara dimana masing-masing memilik maksimal 25 atribut
  • Satu dashboard untuk melihat perilaku pengguna aplikasi kita dan kinerja kampanye lintas jaringan Segmentasi Demografis termasuk usia, jenis kelamin, dan lokasi yang tersedia out-of-the-box
  • Ekspor data mentah ke BigQuery untuk query kustom
Firebase analytics ini untuk saat ini tersedia hanya untuk ios dan android.

Cloud Messaging

          Cloud Messaging merupakan fitur untuk menerima dan menyampaikan pesan di seluruh platform andal. Sebelumnya cloud messaging ini dikenal sebagai google cloud messaging. Firebase Cloud Messaging adalah cross-platform untuk android, ios dan web, sebuah solusi yang memungkinkan anda mengirim dan menerima pesan dan notifkasi tanpa biaya.  Beberapa keunggulan Firebase Cloud Messaging. 
  • Mengiirim pesan dan menerima pesan tak terbatas.
  • Mengirim pesan ke perangkat individu atau ke user yang dituju.
  • Menangani semua aspek tentang antrian dan pengiriman.
  • Mengoptimalkan efisiensi baterai

Firebase Authentication

          Firebase Authentication merupakan salah satu fitur yang sering dipakai oleh developer karena fitur ini benar-benar berguna untuk aplikasi yang membutuhkan autentifikasi. Firebase Authentication mempunyai sistem authefikasi yang mendukung autentifikasi email dan password, facebook, twitter, github dan goggle. Atau jika anda sudah memiliki sistem authentifikasi sendiri  kalian bisa mengintegrasikannya dengan layanan firebase authetifikasi yang akan memberikan akses ke fitur-fitur lain yang dimilik oleh firebase. Beberapa keunggulan firebase adalah.
  • Sdk yang fleksibel diatas infrastruktu google yang terpercaya. 
  • Memberikan opsional yang out-of the box autefikasi yang dioptimalkan untuk memberikan pengguna anda pengalamn terbaik.
  • Memiliki Fungsi Lanjutan seperti verifikasi email, akun anonim dan menghubungkan akun.
Firebase authetifikasi ini sudah mensuport ios, android dan web.

Gimana sudah penasaraan apa lagi kelebihaan fitur-fitur lainnya ? fitur-fitur lainnya akan dilanjutkan penjelasaanya di part 2 atau jika kalian sudah penasaraan gimana firebase kalian bisa membuka websitenya Disini.
Tutorial selanjutnya akan menjelaskan bagaimana memakai fitur-fitur ini di aplikasi android, web dan ios jadi silahkan tunggu tutorial selanjutnya.

  
Share on Google Plus

About Malian Zikri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar