Firebase New Technology From Google Part 2

          Pada post sebelumnya kita telah membahas beberapa fitur-fitur yang terdapat pada firebase. Pada post sebelumnya kita telah membahas 3 fitur yaitu firebase analytics, Firebase cloud messaging, firebase authentication. Jika anda belum membaca postingan pada part 1 ada bisa membacanya Disini.
          Pada part 2 kali ini kita akan membahas fitur-fitur yang berguna untuk membangun sebuah aplikasi. Fitur yang akan dibahas adalah realtime database, storage, hosting, test lab dan crash reporting.

Firebase Realtime Database

         Firebase realtime database adalah sebuah cloud-hosted database yang bersifat nosql. Data yang disimpan disini berbentuk json, dan disinkronisasikan di semua perangkat yang terhubung dengan hitungan  miliseconds. Firebase realtime databse juga bisa dilakukan ketika aplikasi anda offline atau tidak terhubung dengan internet. Keungulan yang ada pada firebase realtime database adalah.

  • Intuitif dan mudah digunakan dalam bentuk API
  • Tetap responsif walaupun tanpa adanya jaringan internet atau kondisi jaringan internet tidak baik sehingga aplikasi yang terhubung dengan firebase dapa bekerja offline. Data akan disinkronisasikan saat koneksi jaringan telah normal atau kembali.
  • Menangnani kompleksitas sinkronisai secara realtime dan memberikan solusi yang fleksibel dana menghadapi konflik.
  • Diakses langsung dari SDK client atau dari server kalian dengan REST API.

          Firebase realtime databse juga memudahkan developer-developer mobile dalam membuat aplikasi karena mereka tidak perlu menyiapkan backend service untuk akses database yang terhubung dengan firebase.  Firebase realtime database ini tersedia di android,ios, dan web aplikasi.

Firebase Storage

          Firebase storage disini berfungsi untuk menyimpan dan mengambil konten yang dibuat oleh pengguna seperti gambar, audio dan video langsung dari klien SDK Firebase.
Keunggulan yang dimiliki firebase storage sebagai berikut

  • Memiliki kemampuan robust dalam upload dan download yang berjalan di belakang sistem tanpa dipengaruhi dengan kualitas jaringan.
  • Aman dalam otoritasi client side yang terintegrasi dengan authentication. 
  • Penyimpanan data  dalam bentuk skala petabyte yang didukung oleh google cloud storage.
  • Akses API seluruh firebase atau  API google cloud storage.

          Firebase storage telah tersedia di ios, andorid dan web. Jika anda ingin langsung mencobanya anda bisa mencoba Disini

Firebase Hosting

          Firebase hosting adalah konten  web produksi yang bermutu untuk pengembang. Dengan memiliki hosting anda dapat dengan cepat dan mudah menyebarkan aplikasi web dan konten statis ke jaringan konten global dengan satu perintah. Firebase hosting memiliki keungulan-keungulan seperti berikut ini.

  • Otomatis memiliki sertifikal ssl.
  • Memiliki kemampuan super cepat untuk website anda.
  • Dukungan untuk sisi klien routing
  • Membangum atomic dan dengan satu klik anda akan bisa rolllbacks
Jika anda ini mempelajari lebih lanjut tentang hosting ini bisa anda lihat disini.

Firebase Test Lab

          Firebase test lab untuk andorid yang menyediakan infrastruktur berbasis cloud untuk pengujian aplikasi android anda. Dengan satu operasi, anda dapat melakukan pengujian aplikasi anda di berbagai macam perangkat dan menkonfigurasi perangkat anda. Hasil dari firebase test lab ini akan mendapatkan log, video dan screenshot yang tersedia dalam projek anada yang berada di konsol firebase. Bahkan jika anda tidak menulis apapun untuk tes kode untuk aplikasi anda, test lab bisa memmbuat secara otomatis dan mencari kesalahaannya. Firebase test lab memilik keungulan sebagai berikut 
  • Menghasilkan laporan yang rinci dan screenshot untuk membantu mengindetifikasi bug.
  • Jalankan skrip yang telah disesuaikan pada ratusan perangkat yang telah dikonfigurasi.
  • Tambahan alur kerja yang ada melalui integrasi dengan android studio, command-line, dan web console.
Firebase test lab hanya tersedia untuk android. Anda dapat membaca lebih jelasnya disini.


Firebase Crash Reporting

            Firebase crash reporting menciptkan laporan rinci dari masalah yang terjadi pada aplikasi anda. Masalah akan dikelompokan ke dalam kelompok  yang sama dan diprioritaskan oleh dampak masalah pada aplikasi tersebut.Selain laporan otomtis, anda juga dapat membuat log sendiri untuk membantu menangkap langkah yang menyebabkan masalah pada aplikasi anda. Firebase crash reporting memiliki keunggulan sebagai berikut ini.
  • Memberikan prioritas terhadap crash yang terjadi dan memiliki dampak berbahaya.
  • Data yang komprehensif setiap maslaah yang terjadi termasuk karakteristik perangkat, keadaaan perangkat, dan lain-lain.
  • Andal dalam mengumpulkan crash yang terjadisaat perangkat dalam keadaan online maupun ofline
  • Memiliki Kemampuan untuk mengukur dampak dari crash yang dipengaruhi oleh kebiasaan pengguna melalui firebase analytics. 
Firebase crash reporting hanya tersedia untuk ios dan android, Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut klik disini

             Fitur-fitur selanjutnya akan kita bahas pada part 3 dan pada tutorial lainnya akan diajarkan bagaiamana menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi android, web dan ios,
silahkan simak tiap hari untuk tutorial firebase ini
Share on Google Plus

About Malian Zikri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar