Firebase Tutorial in Android

           Pada posting-postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu firebase ,fitur-fitur apa yang tersedia pada firebase dan harga untuk menggunakan firebase. Pada postingan ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan firebase pada  Android. Hal yang perlu kalian siapkan sebagai berikut:

  • Android Studio
  • Acount google
  • Secangkir Kopi/Susu Hangat
        Bagi yang belum mempunyai android studio anda bisa mendowloadnya pada LINK INI. Setelah kalian berhasil mendowload android studio install android studio anda dan buat sebuah projek yang akan digunakan untuk mencoba firebase. Setelah kalian berhasil membuat sebuah projek langkah selanjutnya kalian harus membuat acount google, account google dapat dibuat Disini. Setelah hal ini dilakukan maka langkah selanjutnya anda bisa membuka link ini untuk membuat firebase Firebase.
Pada halama awal anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut ini.


       Pada halaman ini terbagi atas beberapa hal, ada documentation,sample code, API reference,suport , create new project, dan import google project. Untuk anda yang ingin memahami lebih apa itu firebase bisa mengklik documentation, untuk melihat sample code yang telah dibuat bisa mengklik sample code. Pada halaman ini kita akan mencoba membuat project baru, maka kita akan mengklik create new project. setelah diklik maka akan muncul halama seperti gambar dibawah.
       
    Kita akan disuruh membuat nama project dan memilih country atau region anda. untuk hal ini anda bisa menamakan projeknya sesuai keinginan anda dan anda bisa memilih countr/region sesuai keinginan anda. setelah selesai klik tombol create project, setelah berhasil membuat project anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah ini.


       Pada bar sebelah kiri anda akan melihat semua fitur-fitur yang dapat anda gunakan pada firebase. fitur-fitur ini akan saya bahas satu persatu pada postingan yang berbeda-beda. pada bar sebelah kanan ada overview dimana ini akan kita gunakan untuk menambahkan aplikasi kita pada projek firebase yang kita gunakan.  untuk sekarang kita hanya menambahkan android, maka kita akan mengklik add firebase to your android app, setelah kita klik akan mendapatkan tampilan sebagai berikut. 

      Ada 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu package name dan debug signing. package name bisa anda lihat pada program android yang anda. anda bisa mendapatkan nama package name dengan mengakses build gradle yang berada di projek android anda, untuk mendapatkan debug signing certificate sha-1 anda bisa memilih menu gradle yang terletak di sebelah kanan. setelah di klik akan muncul menu seperti gambar 2  dibawah dan tekan tombol refresh atau tombol biru yang ada pada menu diatasnya sehingga memunculkan beberapa menu seperti gambar 3 klik  signing report maka anda akan mendapatkan sha 1 anda bisa melihat pada gambar 4.
Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3
Gambar 4

       Setelah kalian mendapatkan nama package kalian dan sha1 kalian masukan dikolom yang tersedia dan klik add app  setelah klik app anda akan otomatis mendowload google-service.json, masukan file ini pada applikasi android anda cara untuk mudahnya klik kanan pada aplikasi anda dan pilih show in explorer setelah itu copy file tersebut di dalam folder app. setelah itu kembali pada firebase dan pilih continue maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Setelah itu tambahakan pada gradle anda dan build gradle anda sesuai gambar 4 dan gambar 5



     Setelah kalian menambahkan ini semua pada projek android anda maka lakukan sync now, setelah berhasil sync maka program android anda telah terhubung dengan firebase. dan silahkan menikmati secangkir kopi/ susu hangat yang anda telah persiapkan tadi.

Postingan selanjutnya akan membahas bagaiman memanfaatkan fitur authetifikasi menggunakan email pada firebase. 
Share on Google Plus

About Malian Zikri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar