Java Web Service Rest Tutorial Part 1

Pernah gak kalian bayangi gimana beberapa platform bisa terkoneksi satu sama lainnnya, padahal platform tersebut memiliki environment yang berbeda. contohnya aplikasi pesan seperti telegram dan whatsaap. Aplikasi ini terhubung satu sama lainnya menggunakan web service, dimana web service disini berfungsi sebagai jembatan antara platform yang berbeda.
Menurut w3.org web service adalah sebuah perangkat lunak yang didesign untuk  mengoperasikan interaksi mesin ke mesin lainnya melalui jaringan. Web service sendiri terbagi menjadi dua jenis yaiitu rest dan soap.
Apa sih manfaatnya web service ? manfaatnya adalah untuk mentraformasikan sebuah objek yang terpisah dari satu mesin ke mesin lainnya. Untuk penjelasan lebih lanjutnya kalian boleh searching-searching di mbah google agar lebih jelas apa itu web service.
Saya disini akan memberikan contoh sederhana bagaimana sih cara membuat  web service rest menggunakan java. Hal-hal yang perlu kalian siapkan adalah.
1. IDE Netbeans pada tutorial ini saya menggunakan netbeans 8.0 kalian dapat mendownloadnya disini Netbeans  saran saya download aja yang all package karena netbeans juga dapat digunakan untuk membangun hal lain.
2. Secangkir kopi hangat ^^.
3. Musik.
Setelah kalian mendownload dan menginstall netbeans untuk cara install netbeans cari aja di google ya.
Langkah pertama kalian lakukan adalah buka netbeansnya dan klik create projek. create projek sendiri terletak di file new project lihat gambar dibawah
Langkah 1
selanjutnya setelah kalian klik new projek  maka pilih pada categories java web dan pada project pilih web application setelah itu klik next.
Langkah 2
selanjutnya akan muncul form seperti gambar dibawah
Terdapat beberapa bagian seperti project name, project location, dan project folder. project name adalah nama projek yang akan dibuat, usahakan nama project jelas agar kalian tidak bingung dikemudian hari. Project location adalah lokasi dimana tempat kalian menyimpan projek ini. Projek folder akan otomatis terisi sesuai dengan project name. Setelah kalian selesai maka klik next.
Langkah selanjutnya adalah kalian akan menseting server, java version kalian serta context path kalian. Server disini tersedia dua yaitu glassfish server dan tomcat server, saya sendiri memilih server glassfish pada tutorial ini. Pemilihan server ini sendiri harus sesuai dengan kebutuhaan kalian, kalian dapat mencari apa perbedaan kedua server ini di mbah goggle. Java version adalah versi java berapa yang akan kalian gunakan disini. Saran saya sebaiknya gunakan java version yang terbaru agar mendapatkan fitur-fitur yang terupdate. context path merupakan path awal kita dimana path ini berfungsi untuk mengatur cara akses kita ke web service yang akan dibuat untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan nanti. Setelah selesai kalian mensetingnya klik finish. Untuk frameworks karena disni kita membuatnya tanpa framework jadi tidak perlu dipakai.

Setelah selesai kalian akan dibawa ke file index.html, file ini berfungsi untuk menampilkan halaman awal kalian.
Pada projek kalian akan berisi seperti gambar dibawah ini.
coba deh kalian klik kanan pada projek kalian dan pilih run dan liat apa yang terjadi.
Secara otomatis netbeans akan membuka browser kalian ke halaman http://localhost:8080/nama_projek/. Pada halaman ini akan menampilkan index.html. Pasti kalian bingung terus mana web servicenya ? tenang ini belum selesai ini baru langkah sebenarnya.
Pada source package klik kanan pilih menu new dan pilih  java package, jika pada pilihan new tidak ada maka pilih other, pada categories pilih java dan pada file types scroll paling bawah pilih java package selanjutnya klik next.
New
Other
Maka akan muncul menu seperti gambar dibawah, buatlah nama package yang sesuai dengan projek kalian.


setelah selesai klik finish dan kembali lage ke folder projek kalian maka projek kalian akan berisi seperti gambar dibawah 
Pada package yang kalian buat klik kanan pilih menu new dan klik restful web service from patterns, jika pada menu new tidak terdapat restful web service from pattern maka pilih other dan pada categories cari web service dan pada file types pilih restful web service from pattern setelah itu klik next



Maka akan muncul menu seperti gambar dibawah ini, pilih simple root resource dan klik next. 

Maka akan muncul menu seperti dibawah ini, disini saya hanya menseting MME Typesnya yang dari awal application/xml menjadi application/json. untuk perbedaan dan penjelasaan tentang MME types ini akan kita bahas di postingan lainnya, selanjutnya klik finish.

Ketika proses finish maka projek kita nantinya akan seperti gambar dibawah ini. ada dua file baru yaitu applicationconfig dan genericreseource. untuk sekarang hanya generic resource yang akan kita ubah sedikit. klik file genericreseource.

Pada file generic resource cari public string getjson ubah isi didalamnya menjadi return "berhasil membuat web service". silahkan liat gambar dibawah
before

after
setelah selesai kembali ke projek kalian dan pilih menu restful web service maka akan ada pilihan generic resource klik kanan dan pilih test resource uri dan kalian akan diredict ke halaman http://localhost:8080/nama_projek/webresources/generic.


Jika pada halaman itu akan memunculkan tulisan web service berhasil maka selamat anda telah berhasil membuat web service secara sederhana.

Untuk part kedua saya akan mengajarkan kalian gimana cara post dan get dari web service ini. Jika ada pertanyaan kalian bisa menanyakan di comment y ^^.
Untuk kodinganya sendiri kalian bisa download disini

Share on Google Plus

About Malian Zikri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

2 komentar: